Thursday, March 30, 2017

Management Interface Router MikroTik


Hai....Bertemu lagi dengan saya Dimas a.k.a Dimboy.Kali ini saya akan sharing tentang management interface,jadi case disini saya akan membuat DHCP server pada interface Ether2 lalu interface lainnya akan saya buat master port pada ether2 agar interface lain juga bisa mendapat ip dhcp dari ether2.


Kalau begitu langsung saja ke konfigurasinya..

1.Buat DHCP Server

1.Buat DHCP terlebih dahulu.Caranya buka Tab "IP => DHCP Server".Lalu kalian klik "DHCP Setup" dan akan keluar kotak DHCP setupnya.Pertam kalian masukan interface yang ingin kalian buat DHCP.Disini saya akan menggunakan Interface Ether 2 

 2.Lalu kalian masukan ip network ether 2

 3.Lalu masukan Gateway interface Ether 2

 4.Lalu berikan space addressnya,disini saya membuat space address dari 192.168.12.3-192.168.12.254

 5.Sekarang masukan ip dns internet

 6.Lalu masukan Lease time,gunanya lease time ini adalah waktu untuk si client berganti ip.

 7.Lalu kalian konfigurasikan semua interface agar ether2 menjadi master port dengan cara klik Tab Interface,lalu kalian pilih interfacenya disini saya memberi contoh saya memilih interface ether3,lalu pada parameter Master Port kalian ubah dengan port yang tadi kalian buat untuk DHCP,disini saya menggunakan port 2(ether2).Kalian lakukan di semua interface agar semua interface ketika ingin mengkonekan pc ke router langsung mendapatkan ip secara DHCP.


2.Verivikasi

1.Gambar dibawah ini adalah hasil ip dhcp yang didapat pada ether 2

 2.Gambar dibawah ini adalah hasil ip dhcp yang didapat pada ether3

3.Gambar dibawah ini adalah hasil ip dhcp yang didapat pada ether4

4.Gambar dibawah ini adalah hasil ip dhcp yang didapat pada ether5

5.Lalu kalian lihat di bagian leases bahwa ada 4 client yang directly connected dengan router,dan semuanya Dynamic (Mendapatkan ip dhcp).

Yah...begitulah cara membuat 4 interface mendapatkan ip dhcp dari 1 interface....Sekian dari saya semoga bermanfaat....JANEE...

Related Posts

Management Interface Router MikroTik
4/ 5
Oleh